Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2012

Obat Anti Galau

Ada yang bilang, galau lagi tren sekarang. Lihat aja ke situs jejaring sosial, dan hitung berapa banyak teman Anda yang meng-update status galau. Mau ujian semester dan belum belajar, galau. Kuliah nggak pulang-pulang padahal ada janjian ama temen, galau. Dapet tugas di kantor terus disuruh lembur, galau. Cuaca mendung dan gak bawa payung, galau. Belum nikah tapi udah telat 3 bulan, galau, salah sendiri nggak nikah-nikah. Tapi pembaca sekalian jangan tanya siapa yang mencetuskan ide alay 'galaulagitren' yang jadi populer itu, saya juga nggak tahu.

Omong-omong, apakah ada di antara pembaca sekalian yang lagi galau? Taraaa . . . Saya punya solusinya, saya punya obat anti galau. Tapi bukan dengan kartu operator seluler yang bintang iklannya lucu itu. Meski saya pakai kartu dari provider itu, postingan ini bukan postingan promosi kok. Silahkan lanjutin dulu baca artikel ini.

Jadi begini, coba pembaca sekalian ambil mushaf masing-masing. Kalo nggak ada boleh pinjem kok, atau pakai ap…

Epic Rare Phyton Has An Epic Price

Gambar
Another side story from pameran flona ahad kemaren. Namanya juga pameran flona alias flora fauna, jadi ya nggak cuma stand tanaman yang dipajang, tapi juga hewan. Ada stand ayam serama, ayam ketawa, ayam ekor panjang dari Jepang (entah apa namanya), kucing, anjing, sugar glider, burung hantu, katak pohon, ikan, kelomang dan tentu saja reptil. Kura-kura, biawak, iguana, dan ular. Nggak ada buaya kok, selain munkin buaya darat yang berkeliaran di antara para pengunjung. Dan di salah satu stand reptil, saya melihat ini :



Ini adalah seekor Ball Python (Python regius). Sejenis ular pembelit berukuran relatif kecil, kalo nggak salah, di VCD Reptiles & Amphibians punya saya jaman SD dulu, hewan ini panjang maksimalnya cuma sekitar 1 meter, jarang yang lebih dari 1,5 meter. Kecil kan, kalo dibandingin Boa Constrictor yang (katanya) bisa mencapai 6 meter atau Python reticulatus yang bisa melampaui panjang 10 meter (katanya juga sih). Kenapa dinamakan ball phyton? Apakah karena dia suka main…

Warteg : Sitting Like A Boss

Gambar
Biasanya, tiap jenis rumah makan memiliki table manner yang khas dari orang-orang yang makan di sana. Kalau di restoran mahal, umumnya orang makan dengan sangat sopan, pakai pisau garpu sendok, pokoknya lengkap. Duduknya tegak, siku tangan nggak boleh nempel di meja. Pokoknya ribet dan sok eropa gitu deh.
Kalau di warung lesehan, tentu lebih bebas. Makan pakai tangan alias muluk oke, nggak bisa muluk pun bisa pinjem sendok garpu. Duduknya pun bebas, bisa selonjor, bisa bersila, atau cangkruk (satu kaki diangkat) pun juga nggak masalah, kan tanpa kursi . Kalau di warteg, rasanya wajar kalo ngeliat orang makan dengan posisi duduk cangkruk di kursi, meski nggak semua begitu.
Kalau makan di rumah model begitu, umumnya bakal dimarahin. "Duduk yang sopan dong, emang di warteg apa". Begitu mungkin kata orang tua kita.

Nah, kali ini, di salah satu warteg, penulis menemukan gaya duduk yang boleh dibilang lebih nggak umum lagi. Lebih tetaptnya, gaya nggak-duduk. Pose makan sambil n…

Ke Pameran Flona (Lagi)

Gambar
Ahad kemarin, saya ke pameran flona lagi bareng Choi dan Mas Halim. Berangkat agak siang sebelum dzuhur, kami lumayan puas berkeliling di sana melihat-lihat berbagai flora fauna yang ada. Dan sekali lagi, saya membeli beberapa sukulen murah yang masing-masing diberandol lima ribuan (IDR lo ya, bukan USD). Setelah berkeliling ke beberapa stand dan kebingungan memilih, tentunya :D
Ini dia penampakan mereka :

Thia si Haworthia yang murah hati, rela berbagi pot dengan tanaman lain

Yang pertama, adalahHaworthia turgida, tapi saya nggak tahu dia varian yang apa, beberapa sumber di internet menyebut ini var subrecta, tapi kok yang subrecta, modelnya macem-macem, nggak cuman gini doang. Mungkin dia emang kultivar hasil biakan manusia, jadi macem-macem. Pokoknya saya lihat bagus, ambil deh. Saya lebih demen sama yang ini daripada yang cymbyformis yang jabrik-jabrik itu. Sebenernya pengen cari cooperi yang agak transparan juga, tapi nggak nemu. Ya udah, ambil pot ini aja. Kenapa saya ambil pot in…

:)

Untuk kamu yang lagi sedih di sana, ya, kamu yang wajahnya merana
Berhentilah bersedih, usap air matamu sampai bersih
Langit tak akan menjadi mendung hanya karena kau berkabung
Langit kan tetap biru tak peduli hatimu sedang sendu
Cerialah, tertawalah, maka kau akan melihat seisi dunia tertawa juga
Jika kau bermuram durja, tawa orang nanti kau bilang menghina
Tertawalah, berbahagialah
Maka kau akan merasa nyanyian alam menyambutmu dengan meriah

Things That I Learned Today

Gambar
Ini hari Sabtu, akhir pekan, dan berarti libur bagi kebanyakan orang kantoran. But not for me today. Hari ini ane nglembur Guys. Mau gimana lagi, ada kerjaan yang harus kelar hari Senin dan belum kelar Jumat kemarin. Maklum, beberapa hari ini kantor ane sepi, banyak pegawai yang dapet tugas dinas luar, jadi ane kudu ngeback-up gawean beberapa orang. Dan jujur aja, ane lumayan keteteran (efek rendahnya manajemen waktu, jangan ditiru ya pembaca sekalian).
Jadi hari ini ane maksain diri buat lembur (udah bilang deh tadi).
Dan ada beberapa hikmah yang bisa diambil dari hal ini.

Yang pertama, segera laksanakan tugas yang diberikan padamu. Jangan santai-santai, jangan tunda-tunda. Bersantai dan menunda hanya enak di awal tapi nggak enak di akhir guys, percaya deh sama ane. Santai kayak di pantai nggak selalu bisa diterapkan. Pentingnya untuk segera membereskan pekerjaan adalah, mungkin suatu ketika kita bakal dapet kerjaan lain atau hal lain yang memecah konsentrasi dan memakan waktu kita. Kal…

Tenang Aja, Rejeki Udah Ada Yang Ngatur Kok :)

Gambar
Seringkali kita galau perkara duit yang hilang, bayaran yang mepet, calon konsumen yang batal membeli, tender yang gagal, bonusan hangus, hadiah yang tak sampai, dan sebangsanya. Seringkali kita kecewa akan hal itu. Padahal sebenarnya, kalau memang begitu keadaannya, ya sudahlah, mungkin memang belum rizki kita mendapatkannya. Toh bukankah kalau sudah rizkinya, nggak akan lari ke mana. Dan kalau memang bukan rizkinya, dikejar sampai manapun nggak akan didapat. Jika kita sedang gelisah dengan rizki kita untuk hari ini dan esok hari, ingatlah bahwa sesungguhnya Allah Yang Maha Pemurah telah menjamin rizki kita semua, dan seluruh makhluk lainnya. Allah Yang Maha Adil telah menetapkan bagian-bagian rizki masing-masing makhluknya sesuai kadarnya. Yakinlah bahwa rizki itu tahu keberadaan dan kebutuhan Kita melebihi pengetahuan kita terhadap diri sendiri. Ia akan terus mendatangi kita tanpa henti, dengan kadar yang berbeda-beda sesuai kebutuhan dan usaha kita menemukannya. Dan kita tak akan …

Berkebun (Lagi)

Gambar
Ahad kemarin, saya dan 3 orang teman main-main ke Pameran Flona di Lapangan Banteng, di daerah Senen. Awalnya sih cuma pengen liat-liat hewan-hewan di sana doang (terutama reptil, kura-kura utamanya lagi). Eh nggak tahunya malah kesengsem sama dua tanaman sukulen ini. Berikut akan saya bahas satu persatu.


Yang satu ini, awalnya saya kira semacam kaktus. Ternyata bukan, jauh malah. Ini adalah Monadenium (tepatnya, dikenal dengan sebutan Monadenium ritchiei ssp. nyambense yang belakangan diedit menjadi Euphorbia ritchiei ssp. nyambensis pada sistem klasifikasi yang baru). Sejenis tanaman dari famili Euphorbiaceae alias getah-getahan, yang mencakup juga singkong (Manihot esculenta), pohon jarak (Jartopha curcas), karet (Hevea brasiliensis) dan lain-lain. Oke, pembaca pasti nggak suka dengan nama-ilmiah-yang-menyulitkan-lidah tadi kan? Kita lewati saja. Intinya, saya naksir sama si Mona ini (sebut saja begitu) karena bentuknya yang aneh, seperti kaktus pada umumnya dan dia nggak b…

Mumpung Masih Sehat dan Sempat . . .

"Ah, coba kalau sehat, bisa ngapain aja", keluh kebanyakan kita ketika sudah disamperin penyakit.
"Ah, coba kalau sempat, bisa ngapain aja", keluh kebanyakan kita ketika sudah dihinggapi kesibukan

Itulah 2 macam kenikmatan yang paling sering dilupakan manusia, yakni nikmat kesehatan dan waktu luang. Sehat baru diingat ketika sudah jatuh sakit, dan waktu luang baru disayangkan ketika sudah terjebak kesibukan. Ketika sehat, melakukan banyak hal yang kurang bermanfaat dan tubuhnya disia-siakan. Ketika sudah sakit, mengeluh, berandai-andai akan melakukan apa kalau sudah sembuh. Ketika sempat, melakukan banyak hal yang kurang bermanfaat dan waktunya disia-siakan. Ketika sudah sibuk, menyesal, membayangkan berlibur di waktu luang untuk menghibur badan yang pegal-pegal.

Kenapa jarang terpikir, ketika sehat saya akan banyak berpuasa dan sholat malam. Kenapa jarang terpikir, ketika sempat saya akan banyak sholat dhuha dan mengikuti acara pengajian. Ketika sehat dan sempat, …

Kutipan Kata-Kata Bijak Tentang Masalah

Gambar
jangan meremehkan masalah kecil, tapi juga jangan dibesar-besarkan
jangan memperbesar masalah yang sudah besar, apalagi mengabaikannya
sikapi keduanya secara proporsional dan selesaikan

jangan cari masalah, tapi kalau ketemu, jangan lari, nanti malah makin besar
percuma menghindar, hanya menunda waktu penyelesaiannya

hidup itu selalu diiringi masalah, kalau nggak mau ketemu masalah ya jangan hidup

mengeluh nggak menyelesaikan masalah, jadi percuma mengeluh
kekerasan mungkin bisa selesaikan satu masalah, tapi nanti diabakal ngebawa beberapa masalah lain, jadi jangan dipakai
negative thinking membuat sesuatu yang bukan masalah terlihat seperti masalah, jadi jangan lakukan
curhat emang melegakan, dan kadang bisa dapat ide solusi dari yang dicurhatin. tapi kalo kebanyakan curhat, kasian yg dicurhatin

masalah nggak bisa dihilangkan, tapi resiko ketemu masalah bisa dikurangi

kalau kamu lihat masalah sebagai batu sandungan, maka kamu akan jatuh
kalau kamu melihatnya sebagai batu pijakan, kamu akan menca…

English Club (Again)

Dear Readers, this is my first posting in English. I hope you guys don't mind to read it. If you ever visited my blog, you must have known that I never make any post in English-though sometime I wrote some English phrases in my previous postings.

Actually, my grammatical skill is not so good, that's why I never make an English post. But since I joined with ICEC (an English club in my office) yesterday, i'm changing my mind. I will make some English postings from now on.

"This is the place to encourage yourself, thus increasing your skill in English". That's the point that I got from the first meeting of ICEC, yesterday. So, if I already have a place to speak in English, why can't I make an English post in my blog? Actually, my grammatical skill is not the main problem. It's just my own fear, I'm just too afraid to make some mistakes in my posting.
Ironically, my tutor in my senior high school's Debate Club, told me not to afraid of doing mistak…

Oleh-oleh Dari Korea

Gambar
Bukan, ini bukan saya cerita tentang plesiran ke Korea, toh nggak terlalu berminat ke sana. Ini saya cuma cerita tentang oleh-oleh dari senior di kantor yang sekosan, yang habis dari Korea. Semacam belajar dan tukar ilmu dengan Korean Customs.
Tentu saja, Mas Halim (nama sebenarnya) nggak cuman pulang dengan tangan kosong dan ngebawa cerita doang, melainkan membawa beberapa oleh-oleh dari Korea.

Yang pertama, adalah benda ini :
Benda apa itu? Kebanyakan yang melihat, mengira ini adalah kerikil warna-warni yang biasa dipakai untuk akuarium atau pot tanaman hias. Ternyata bukan. Ini adalah coklat yang dikasih warna sehingga menyerupai kerikil. Kayaknya bagus buat cemilan di ruang tamu, lalu di atasnya dikasih kembang plastik, dan para tamu nggak akan ada yang mengira bahwa itu camilan. Hahaha. Dalam hati mbatin aja, mungkin di negara maju kreatifnya beginian. Makanan yang dibikin mirip ama benda yang nggak bisa dimakan. Kalo kreatifnya negara berkembang, benda-benda yang nggak bisa dimakan…

Rasanya Gimanaaaa Gitu . . .

Gambar
Suatu ketika, saya naik mikrolet dan kebarengan seorang pengamen karaoke dan putrinya. Sang bapak, mungkin usianya sekitar 40 tahun, rambut di tepi kepalanya sudah banyak yang memutih. Putrinya mungkin sekitar 7 tahunan, mungkin usia SD. Entah mereka naik dari mana, nampaknya baru berangkat mengamen atau sudah mencari nafkah di tempat lain dan mau mencoba peruntungan di wilayah lain. Sesekali sang bapak mengelap wajahnya yang berkeringat dengan selembar handuk kecil lusuh yang disimpan di tas pinggangnya. Wajahnya tampak lelah, sorot matanya pun menyiratkan demikian, namun bibirnya tetap menyunggingkan senyuman.

Entah kenapa, tiba-tiba perasaan saya terasa campur aduk. Antara sedih, miris, nggak tega, kasihan, pokoknya jadi mellow gitu. Saya ngebayangin, itu speaker karaoke beratnya berapa kilo, digendong kesana kemari, sambil panas-panasan nyanyi-nyanyi di perempatan lampu merah, atau didepan pertokoan, atau di gang-gang kampung. Entah sampai jam berapa, dan kemana saja mereka akan me…

'Terserah Gue Dong, Ini Kan HAM'

Anda punya mulut bukan berarti Anda boleh bicara apa saja yang bisa dikatakan Anda punya mata bukan berarti Anda boleh melihat apa saja yang terlihat Anda punya telinga bukan berarti Anda boleh mendengar apa saja yang bersuara Anda punya perut bukan berarti Anda boleh makan apa saja yang tersaji Anda punya tangan bukan berarti Anda boleh menyentuh apa saja yang bisa dijangkau Anda punya kaki bukan berarti Anda boleh melangkah ke mana saja yang bisa dijelajahi Anda punya keinginan bukan berarti Anda boleh melakukan apa saja untuk mendapatkannya Anda punya uang bukan berarti Anda boleh membeli apa saja yang bernilai Anda punya jabatan bukan berarti Anda boleh memerintah siapa saja yang tak punya posisi Anda punya ilmu bukan berarti Anda boleh mengakali siapa saja yang belum mengerti Anda hidup bukan berarti Anda boleh melakukan apa saja yang bisa dilakukan
Karena kita hidup bersama dengan manusia dan yang lainnya, semua juga punya kebutuhan-kebutuhan yang saling bersinggungan. Karena semua ada atu…