Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2011

Sedikit renungan dari seorang jama'ah sholat Jumat

Pada suatu Jumat, sepulang dari masjid untuk sholat Jumat, ketika jama'ah sedang ramai-ramainya mencari sandal mereka di antara puluhan atau ratusan pasang sandal yang lain, saya melihat sesuatu yang membuat saya sedikit merenung.Di antara sekian banyak jama'ah sholat Jumat, ada seorang jama'ah yang ketika keluar dari masjid, dituntun oleh seorang jama'ah lainnya. Orang tersebut juga terlihat membawa sebuah tongkat, yang nampaknya tongkat pemandu bagi penderita tuna netra. Dapat disimpulkan, orang tersebut tidak bisa melihat, atau setidaknya, penglihatannya tidak sempurna. Dan dengan keterbatasan penglihatannya, orang tersebut masih berangkat untuk sholat Jumat. Subhanallah. Salut saya, nggak ngebayangin deh kalau . . . Ah, pokoknya nggak ngebayangin deh saya jadi orang tersebut. Salut pokoknya, tetap setia beribadah dengan segala keterbatasannya. Di sisi lain, saya merasa sedikit miris dengan orang-orang lain, yang sempurna fisiknya, kok malah enggan meluangkan waktun…

Helai-helai Rambut Panjang Misterius

Gambar
Halo semua.Kali ini saya nggak bermaksud menyaingi blog misteri bung Enigma, cuma mau membahas misteri kecil yang terjadi di sekitar saya kok. Sesuai judulnya, objek misteri kali ini adalah helai-helai rambut yang secara misterius muncul di kosan saya.Jadi begini, saya jelaskan dulu keadaan kosan saya. Pertama, kosan ini berlantai dua, dan saya ada di lantai dua kosan ini. Saya nggak akan membahas lantai satu dan penghuni-penghuninya, nanti saya jelaskan kenapa. Di lantai dua ini, ada 9 kamar. Berhadap-hadapan dengan formasi 5 lawan 4, dengan sebuah koridor menghubungkan semua. Ini denahnya :Di lantai dua ini, penghuninya semua laki-laki. Saya dan teman-teman berstatus mahasiswa, empat orang lainnya, pegawai DJBC. Yang satu lagi? Nggak jelas, jarang ada di kosan, kalaupun ada pun cuma beberapa hari sekali, muncul pas mandi pagi, lalu berangkat kerja. Pulangnya pun tak tentu berapa hari sekali, dan pasti larut malam. Kami nggak mengenalnya, orang ini memang misterius, namun bukan berar…

Nge-pit malem-malem di Jakarta pake sepeda pinjeman = . . . ???

Gambar
Anda suka bersepada? Sehat dan menyenangkan bukan? Tapi saya nggak suka tuh.
Lho bukannya bersepeda itu sehat dan ramah lingkungan?Iya memang, bukannya saya nggak mendukung gerakan go green dan bike to work, tapi karena saya nggak bisa sepedaan . . .
What? Umur 20 nggak bisa sepedaan?Kaget? Biasa aja kali, gak usah lebay gitu . . .Emang saya nggak bisa kok. Oke, saya akui, saya takut jatuh. Puas? Saya nggak bakalan kebanyakan alesan untuk hal yang satu ini, meski sebenarnya ada alasannya juga saya nggak bisa sepedaan. Waktu kecil, usia-usia SD, ayah saya memang pernah membelikan sebuah sepeda untuk saya dan mbak saya, tapi karena latihannya nggak konsisten, akhirnya saya sampe gede gini nggak bisa sepedaan. Tepatnya sampai beberapa bulan yang lalu, saat kakak saya yang sudah kerja membelikan adek saya yang masih SMP sebuah sepeda. Akhirnya saya baru (sedikit) bisa bersepeda dengan memakai sepeda adek saya tadi. Sebenarnya saya belum benar-benar bisa bersepeda, soalnya latihannya cuma …

Oleh-oleh dari Istiqlal ( lagi ) edisi februari 2011

Assalamu'alaikum Sodara-sodaraAlhamdulillah, lagi-lagi Allah SWT memberi saya kesempatan untuk menambah ilmu melalui pengajian rutin Aa' gym di Masjid Istiqlal. Seperti biasa, jadwalnya adalah pada ahad kedua setiap bulan.Let's check this out . . .## Pada ceramah sesi pertama, saya dan rombongan gak dapet secara keseluruhan karena kami nyampe di lokasi agak telat. udah nggak tahu siapa nama ustadznya, cuma sempet nyatet sedikit pula. Tentang qalbu. Qalbu atau hati adalah sesuatu yang memimpin seluruh diri ini untuk melakukan sesuatu. Misalnya, ketika kita akan minum, secara sadar, kita akan merasa haus, kita nggak akan beranjak mengambil minum kalo qalbu kita nggak memerintahkan kaki untuk melangkah, tangan untuk meraih gelas-mengambil air-mendekatkan ke mulut, dan mulut untuk meneguk air tersebut. Diibaratkan, qalbu adalah raja dalam diri kita.
Ada 3 jenis qalbu, yaitu :- qalbu yang mayit- qalbu yang marid (gak yakin tulisannya bener)- qalbu yang salimbahas satu-satu nih. …

Sedikit oleh-oleh dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di madrasah di deket masjid di deket kosan

Gambar
Langsung aja yak, gak pake basa-basi (lagi males nulis ini). Intinya kemaren hari kamis malem, ba'da isya, saya diajak salah seorang teman saya untuk ngikutin acara peringatan maulid nabi di sebuah madrasah di deketnya masjid komplek kos-kosan kami. Dan setelah acara pembuka dan lain-lain, akhirnya sampai juga ke sesi ceramah. Saya nggak mbahas penceramahnya, saya juga nggak bawa buku catetan jadi yang saya posting ini cuma sedikit dari yang saya ingat.Intinya gini (akhirnya tadi pake basa-basi juga), ini tentang kisah para sahabat Raasulullah SAW. Kita tahu bahwa kadara keimanan para sahabat adalah yang terbaik, setelah derajat keimanan para nabi Allah. Meski demikian, adad kalanya mereka tetaplah manusia yang bisa juga berbuat salah, meskipun kecil. Dan ketika mereka berbuat suatu kesalahan atau kelalaian sekecil apapun, mereka merasa amat sangat menyesal sampai-sampai mereka merasa alangkah baiknya jika mereka masih kafir saat melakukan kesalahan tersebut, dan setelah itu merek…