Postingan

It's Been Six Years

Gambar
6 years ago today. . . The guests headed home. The light dimed. The music stopped. The party had just ended, but our journey had just began. 6 years ago today. . . I started to take responsibility for all you'd do. From that time and on, your every needs is my duty. 6 years ago today. . . We started our voyage, on the same ship. Waves weren't always gentle, storm were approaching, sometime in subtle. But we sail on and on, hoping to reach our destination. I might be imperfect, but hey, i've tried my best. I might be imperfect, just as you. But we are perfectly made for each other, i think. I might be imperfect, but please bear with me, stay with me. for our journey would be far beyond this world, into eternity.

Top 3 Silly Moments of My Children (Beware: Disturbing Content)

Being a parents of two (around 5yo and 2 yo) in this challenging era is such a roller coaster of an emotion. One moment, their sweetness would melt you, and you'd feel like you'll do anything to protect them. One moment later, they'll made your anger erupt like a volcano. At one second, their silly little action would made you laugh your ass off. Seconds later, you'll be the one in tears hoping them to obey your instruction. However, i just wanna remember their funniest moment for now. I want to remember them as my source of laughter and joy, rather than as two little monsters who robbed our energy almost every time.  And here is my list of top silly moments of each my children. Aira, a very talkative nearly-5 years old kid, is a combo of curiosity, creativity, mischief and stubbornness. She was once a sweet child, but maybe her jealousy over her little bro get over her, making her being such a troublemaker she is right now. But she had several silly moments with me, an

Ayat Kunci

Gambar
Kunci. Dalam bahasa sehari-hari adalah alat dari logam untuk membuka atau mengancing pintu dengan cara memasukkannya ke dalam lubang kunci. Ada beberapa arti lain dari kunci, misalnya sesuatu yang penting, atau alat untuk mencapai tujuan. Dan satu ayat yang disampaikan oleh khotib Jumat tadi, bagi penulis, ibarat sebuah kunci untuk menyelesaikan sebagian besar masalah di negeri ini, atau bahkan di dunia secara global. Adalah Al Baqarah ayat 208, yang jika diterjemahkan bermakna " Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan (kaaffah), dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu. " Ayat ini turun berkenaan dengan Abdullah bin Salam, seorang sahabat Rasul yang dulunya bernama Husain bin Salam saat masih menganut ajaran Yahudi. Setelah masuk Islam, beliau menjadi muslim yang baik, bahkan disebut sebagai salah satu penghuni surga. Tapiii.. ada sedikit tapinya, yaitu beliau belum bisa move on dari dua

Naik Kereta Lagi Tuut Tuut Tuut

Gambar
Setelah menjadi pengguna KAI sejak 2008, sejak menikah dan punya anak jadi agak jarang naik KA lagi. Apalagi pas pandemi, nyaris 2 tahun ngga pulkam. Nah, bulan kemarin sempat pulkam ke Malang (naik carter demi meminimalisir risiko ketemu orang), lalu balik ke Jakarta naik kereta api. Milih KA Brawijaya yang tiba di Jakarta sekitar jam 5 pagi. Niatnya pilih Bima, bisa naik dari Stasiun Lawang jam 3-an sore dan tiba jam 5-an pagi (sementara kalo Jayabaya kan tiba di Jakarta jam 1 dini hari), eh tapi udah nga ada. Ya udah, Brawijaya dari Stasiun Malang, sekalian tes antigen dulu sebelum berangkat. Dari Singosari jam 2-an siang, diiringi hujan yang seolah menunjukkan kesedihan keluarga yang kami tinggalkan (yek lebay), tiba di Stasiun Kota jam 3-an kurang. Antri antigen bentar, dan hasilnya cepet juga. Alhamdulillah sekeluarga aman semua ( false sense of security ? kan golden standard -nya tetap PCR ya. Tapi yawislah, tetap ketat prokes pokoknya). Bagi istri dan anak-anak, ini adalah pert

7,5 Jam dan 292 Kilometer Kemudian

Gambar
Kupang, 13.30 WITA, 33⁰ celcius suhu udaranya. Mobil carter kami tiba akhirnya tiba di sini. Senyum kakak pengemudi merekah sembari menata bawaan kami dalam bagasi. Seiring roda mobil bergulir meninggalkan Bandara El Tari, bergulir pula kisah dan obrolan kami. Pelonggaran PPKM membuat ekonomi mulai bergeliat, ceritanya dengan semangat. Aku dan Bagas menanggapi dengan antusias. Meski kadang pepopohan meranggas dan tanah berdebu, seringkali lebih menarik perhatian bagiku. Tanah baru yang belum pernah kukunjungi samasekali, menggelitik rasa ingin tahu dalam diri. Selalu menarik melihat tempat yang berbeda, sisi lain dari negeri dan bumi yang sama. Langit cerah tanpa awan menghiasi, tengah hari di bawah pancaran penuh radiasi mentari. Senyuman warga kota dalam keseharian mereka, dalam pikap semi terbuka sebagai transportasi masa. Sesekali tampak kambing melintasi jalan raya, kata kakak pengemudi itu sudah biasa. Sawah tadah hujan di pinggiran kota, sedikit mewarnai lansekap yang didominas

Keep in Contact

Gambar
Dalam suatu perjalanan dari Malang ke Jakarta, ditemani kesendirian tanpa keluarga, menemukan sesosok orang yang dikenal dari puluhan atau ratusan manusia di dalam kereta, adalah sepercik kebahagiaan tersendiri. Buat para perantau, tahu lah ya rasanya. Harus berangkat meninggalkan kampung halaman beserta keluarga tersayang, menuju tanah perantauan dalam kesendirian, meski sudah dilakukan puluhan kali pun, tetap ada sedikit ngilu di hati. Ning setasiun balapan, kutho Solo sing dadi kenangan... hayo siapa yang bacanya ada nadanya? Kok ya alhamdulillah, kondektur bertugas dalam kereta kali ini adalah seorang teman SMP, yang pernah beberapa kali juga bertemu di kereta saat ia bertugas dan saya sebagai penumpangnya. Meski di SMP cuma tau doang, ngga kenal personal, berkat beberapa kali bertemu di kereta saat perjalanan, akhirnya penulis simpan kontak yang bersangkutan. Maka bertemu sesosok yang dikenal dalam keterasingan, adalah sebuah kegembiraan kecil yang patut disyukuri. Beberapa kali W

Klub Ayah Hebat

Gambar
Pertengahan Agustus kemarin, penulis dikasih tautan sebuah klub oleh istri. "Yah ikut ini deh coba," kata istri penulis. Gokil, bayangin cuy disuruh ikut klub sama istri. Tapi tentunya bukan club-bing ya. Ini adalah sebuah klub binaan sebuah penerbit buku anak bernama Clavis Indonesia . Rupanya dalam klub itu, bakal ada program Dadwriter . Nah, seiring dengan banyaknya ide buku yang ada di kepala penulis, cocok banget nih ikut klub beginian. Nah, dari beberapa pertemuan yang sudah dilakukan, ada beberapa ilmu menarik yang penulis dapatkan.    Di pertemuan pertama 22 Agustus 2021 pukul 11 siang, pembicaranya adalah Mas Puji Prabowo . Tapi karena penulis telat join  di forum zoom , cuma sempat ikut memperkenalkan diri, menyampaikan harapan dan ikut kuis (ranking 14 dari 14 peserta, lhawong gak dengerin materinya). Hikmahnya, jangan ikut ujian kalo ngga tau materinya. Itu macam mengarungi kehidupan tanpa tuntunan. Ceileh.   Di pertemuan kedua pada 23 Agustus 2021 pukul 19.00,